Berdasarkan Instruksi Rektor No.:0705/F.01/UMI/III/2020, tentang Tindakan Penanggulangan Penyebaran Corona Virus Disease-19 (COVID-19), maka disampaikan kepada seluruh civitas akademika Fakultas Ilmu Komputer untuk memperhatikan hal – hal berikut :

  1. Meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, menjaga wudhu dan senantiasa berdoa agar kita semua diberikan kesehatan dan keselamatan serta terhindar dari wabah penyakit.
  2. Menunda seluruh kegiatan yang melibatkan banyak/berkumpulnya orang untuk mencegah penularan infeksi COVID-19
  3. Menghindari potensi penyebaran virus dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun atau antiseptik.
  4. Menghindari kontak langsung dengan siapapun yang sedang memiliki gejala batuk, flu, dan demam.
  5. Bagi yang mengalami gejala batuk, flu, dan demam sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter dan melakukan isolasi mandiri dengan tidak meninggalkan rumah hingga sekurang-kurangnya 14 hari.
  6. Kegiatan perkuliahan, Seminar/Konferensi/Lokakarya, dan Kegiatan Kemahasiswaam di dalam Lingkungan Kampus Universitas Muslim Indonesia DITIADAKAN mulai hari Selasa, 17 Maret s.d Ahad 5 April 2020, hingga edaran Rektorr dicabut.
  7. Untuk kegiatan Akademik :
    • Perkuliahan
      • Teori/Tatap Muka
        1. Perkulaihan jarak jauh (daring/LMS) tetap dilaksanakan sesuai jadwal yang dikeluarkan PRODI.
        2. Bukti perkuliahan berupa Absensi, RPS dan Materi Perkuliahan harus diunggah di LMS FikomApps.
        3. Untuk proses pembelajaran dapat menggunakan LMS FikomApps atau aplikasi daring lain yang dapat menunjang proses pembelajaran tersebut.
        4. Dihimbau kepada semua mahasiswa agar menghubungi dosen pengampu mata kuliah masing-masing.
        5. Kegiatan perkuliahan ini dilaksanakan hingga instruksi Rektor dicabut, dan kondisi penyebaran COVID-19 di kota Makassar dinyatakan aman.
      • Praktikum
        • Kegiatan praktikum dikoordinasikan dengan Kepala Laboratorium (Abdul Rachman Manga’, S.Kom., M.T)
    • Ujian Tugas Akhir
      • Pendaftaran Ujian Proposal/Skripsi: Pendaftaran ujian ditiadakan hingga dikeluarkan instruksi lebih lanjut.
      • Pembimbingan Tugas Akhir: Kegiatan pembimbingan dilaksanakan secara daring. Pembimbing dapat menggunakan semua fasilitas media sosial yang ada. Pembimbing harus membuat catatan pembimbingan sendiri, untuk nanti dipindahkan ke dalam Logbook mahasiswa.
      • Ujian: Ujian proposal/skripsi akan dilaksanakan kembali setelah instruksi ini dicabut atau ada informasi dari bagian Akademik.
  8. Semua hal-hal yang kurang jelass dan tidak diatur dalam edaran ini dapat menghubungi nomor 082195858768 atau 085299477559.
  9. Kegiatan pengumpulan data penelitian yang dilaksanakan di luar kampus seperti tempat umum, rumah sakit, bandara, terminal, dll sebaiknya ditunda terlebih dahulu dan atau pelaksanaanya disesuaikan perkembangan keadaan kota Makassar.
  10. Dianjurkan kepada dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan agar untuk sementara tidak melakukan perjalanan dalam negeri ataupun luar negeri.
  11. Senantiasa menjaga daya tahan tubuh dan mengkonsumso sumber nutrisi yang memiliki antioksidan tinggi.

Demikia disampaikan, semoga kita semua selalu dalam penjagaan Allah SWT, dijauhkan dari musibah dan semoga kejadian ini dapat meningkatkan ibadah dan ketakwaan kita kepada Allah SWT.

Makassar, 16 Maret 2020
Purnawansyah, M.Kom.
(Dekan Fakultas Ilmu Komputer)