Sehubungan dengan pengumuman Presiden Republik Indonesia, Bapak Ir. H. Joko Widodo (2/03/2020), tentang dua warga negara Indonesia yang terinfeksi COVID-19. Untuk itu kami menyampaikan kepada seluruh civitas akademika UMI, untuk :

  1. Meningkatkan kualitas ibadah kepada Allah SWT
  2. Mengenali gejala virus, dan melakukan pencegahan sejak dini. Gejala virus Corona yaitu : Demam, Batuk, Pilek, Gangguan Pernapasasn, Sakit Tenggorokan, Letih dan Lesu.
  3. Melakukan perilaku hidup sehat dengan lebih sering mencuci tangan menggunakan sabun (atau alkohol based hand rub/hand sanitizer).
  4. Mengkonsumsi makanan sehat dan halal agar lebih meningkatkan daya tahan tubuh.
  5. Meminimalkan kegiatan di keramaian yang kurang diperlukan.
  6. Membatasi penerbangan dan koneksi Internasional, terutama di Negara – negara terdampak COVID-19, bagi merek yang telah melakukan perjalanan ke luar negeri (terutama China, Korea, Jepang, Singapura, Australia, Malaysia, Vietnam, Thailand, India, Amerika Serikat, Kanada, Italia, Jerman, Perancis, Inggris, Iran, Uni Emirat Arab, Bahrain, Kuwait, dan Belanda) harap membatasi interaksi (Self isolated) dengan sivitas UMI maupun anggota keluarga/rumah tangga selama 14 hari sejak kepulangannya ke Indonesia.
  7. Masing – masing pimpinan unit melakukan pengawasan terhadap kebersihan lingkungan sekitar, terutama pada ruangan atau fasilitas yang penggunaannya relatif tinggi serta memantau dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa yang mengalami gejala seperti yang dialami oleh penderita infeksi COVID-19, dengan membatasi interaksinya dengan sivitas UMI atau yang bersangkutan, serta segera menghubungi dokter atau rumah sakit rujukan.
  8. Melindungi diri, keluarga dan lingkungan keluarga serta bertawakkal kepada Allah SWT.

Demikian edaran ini kami sampaikan, mohon kerja samanya untuk pelaksanaan kegiatan pencegahan dan kewaspadaan dini ini. Semoga setiap sivitas UMI dan keluarganya senantiasa sehat.

Makassar, 10 Rajab 1441 H/05 Maret 2020 M
Prof. Dr. H. Basri Modding, SE., M.Si.