Setiap tahunnya Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPkM) mengadakan pendanaan pada kegiatan pengabdian internal dengan beberapa tiga skema yang berbeda (PPDM, Lektor dan Pemula). FIKOM UMI berhasil meloloskan beberapa judu pada skema Lektor dan Pemula.
Diantaranya pada skema Pemula “Penerapan E-Learning Pada Madrasah Aliyah Pondok Pesantren An Nadhlah Sudiang Makassar” yang berlokasi di Jalan Tinumbu, Makassar. Kegiatan pengabdian ini bertujuan membuat aplikasi E-Learning pada sekolah, sehingga proses pembelajaran jarak jauh dapat dilaksanakan dengan efektif. Melalui aplikasi ini, para guru dapat mengunggah materi pelajaran, latihan dan tugas serta mengecek jumlah siswa yang terdaftar pada mata pelajaran.

Kegiatan pengabdian juga dilakukan di Yayasan Sinergi Cendikia Makassar yang bertujuan untuk menerapkan Digital Marketing pada penggunaan teknologi platform layanan Video Conference. Salah satu layanan yang dapat digunakan adalah platform Zoom Meeting, penggunaan aplikasi ini bertujuan untuk menunjang kegiatan organisasi seperti rapat, pelatihan dan seminar. Beberapa anggota yayasan sudah bisa menggunakan menu atau fasilitas yang digunakan pada saat meeting berlangsung, sedangkan fasilitas lainnya belum terlalu familiar sehingga perlu pendampingan khususnya untuk akun zoom.