Fakultas Ilmu Komputer Universitas Muslim Indonesia menjadi satu dari 8 tempat yang dikunjungi oleh The Joede Center dan Yayasan Caraka Naraya Indonesia Jogyakarta. Kunjungan ini sebagai rangkaian Road Show Sosialisasi Festival Animpiade, disponsori oleh Kementerian Perindustrian yang dilakukan pada hari Kamis, 3 Oktober 2019. Melalui kegiatan ini, pihak penyelenggara memperlihatkan beberapa karya animasi hasil anak negeri yang telah dikomersialkan menjadi iklan ataupun cerita pada komik daring. Muhammad Ali Isa sebagai pemateri pertama berbagi pengalaman membuat sebuah cerita animasi “RuangKala”, sebagai sarjana komputer, saya tidak terlalu mahir dalam membuat grafis atau gambar bergerak, sehingga saya menggunakan story telling agar menghasilkan narasi dan suara semenarik mungkin. Sebagai ketua Jogjanimations, dia memotivasi para peserta dengan mengatakan “Kita dapat bekerja sama dengan orang lain untuk menghasilkan sebuah karya animasi, anda tidak harus mahir dalam mendesain sebuah model, tetapi banyak bagian lain dari animasi yang memerlukan keahlian berbeda, dan Anda dapat menggunakan Webtoon, Ciayo atau FB untuk mempublikasikan karya Anda”.

Sosialisasi Animpiade ini digagas oleh Pak Hanitianto Joede, sebagai pendiri Jogjanimations dan beliau juga berprofesi Dosen di FSMR ISI Yogyyakarta. Beliau menjelaskan dalam membuat karya animasi dengan cerita yang menarik dibutuhkan 5 keahlian di antaranya seni gambar(lukis), peran, suara, fotografi/sinematografi dan cerita dan karya animasi telah dimanfaatkan pada layar lebar, penyuluhan, serial, video klip, arsitektur, pendidikan, webiste, experimental, dll. Dengan adanya teknologi Rendering pada komputer Grafis pembuatan model 2D dan 3D menjadi lebih mudah ditambah lagi dengan teknologi CGI pada pembuatan film. Penggunaan teknologi ini membutuhkan tenaga IT yang disebut Technical Director, yang dapat menjamin proses pembuatan karya animasi berjalan dengan baik.

Sebelum acara sosialisasi ditutup, Pak Asrin Noholo, selaku Kasubdit Kementrian Perindustrian, mengatakan “Industri animasi berkembang dengan pesat dan menjadi salah satu industri kreatif di Indonesia, sehinggga dibutuhkan tenaga – tenaga ahli, yang dapat bekerja sama dalam menghasilkan karya animasi”.