Peserta kompetisi dari Universitas Muslim Indonesia atas nama Irwan Ardyansah dan Muh Dhiya Ulhaq yang dibimbing oleh Lilis Nur Hayati,. S. Kom.,M. Eng dari Fakultas Ilmu komputer, memulai debut pertamanya dalam Kontes Robot Indonesia tahun 2019 dan ini pertama kalinya Universitas Mulsim Indonesia juga ikut berkancah dalam event robotika se-Nasional. Dalam Kontes Robot Indonesia ini diikuti oleh 42 Universitas diantaranya universitas dari regional Jawa Timur, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua yang diadakan di Universitas Mataram, Lombok sebagai tuan rumah regional 4, pada tanggal 21-23 April 2019 dan Universitas Muslim Indonesia Ikut Dalam Kontes Robot Divisi KRPAI (Kontes Robot Pemadam Api Indonesia) Berkaki.

Adapun universitas yang ikut dalam Kontes Robot Indonesia tahun 2019 dari regional Sulawesi Selatan yaitu sebanyak 6 Universitas, diantaranya Politeknik Negeri Ujung Pandang, Stimik Handayani Makassar, Universitas Muhammadiyah Makassar, Universitas Negeri Makassar, Universitas Hasanuddin, dan Universitas Muslim Indonesia.

Walaupun tidak sempat menempati posisi juara, Ketua Tim Irwan Ardyansah mengatakan “hal ini merupakan sebuah pengalaman yang sangat menarik dalam debut pertama UMI untuk mengetahui bentuk-bentuk perlombaan secara spesifik serta belajar dari robot-robot perguruan tinggi lain jika dibandingkan dengan hanya membacara berita atau informasi melalui media”. Irwan Ardyansah juga mengatakan ia tetap optimis akan mewujudkan impiannya untuk menjadi juara regional maupun nasional di tahun yang akan mendatang demi kampus Universitas Muslim Indonesia.