Syukur Alhamdulillah.. Sekali lagi Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer UMI unjuk gigi. PEMBASIINDO (Pembelajaran Bahasa Isyarat Indonesia) bagi Tunarungu berbasis Android di SLBN 2 Makassar, adalah judul PKM yang lolos mengikuti seleksi menuju Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS) ke-32 Tahun 2019 yang akan diselenggarakan di Bali Indonesia, tanggal 27 – 31 Agustus 2019. Bapak Dr. Dolly Indra, S.Kom., M.M.SI. yang dibantu oleh Ibu Lilis Nur Hayati, S.Kom., M.Eng. mengatakan telah mempersiapkan mahasiswa selama satu tahun terakhir. Tim PEMBASIINDO telah mengikuti seleksi di tingkat universitas sampai akhirnya masuk sebagai salah satu peserta PIMNAS Tahun 2019.

Menurut Pak Dolly, Aplikasi PEMBASIINDO adalah salah satu solusi yang dapat dimanfaatkan para pengajar atau guru dan siswa penyandang tunarungu dalam pembelajaran berkomunikasi di kelas. Dalam aplikasi ini juga terdapat konten berupa animasi yang dikombinasikan dengan gambar yaitu alphabet, angka, kata kerja, kata benda, kata sifat, dan beberapa konten pendukung lainnya, jelasnya.

Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi akan menyelenggarakan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-32 Tahun 2019 di Universitas Udayana Jl. Raya Kampus UNUD, Kampus Bukit Jimbaran, Kuta Selatan, Jimbaran, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali 80361. Penetapan Peserta Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-32 Tahun 2019 serta perkembangan PIMNAS lebih lengkap dapat diakses melalui laman https://belmawa.ristekdikti.go.id/2019/07/30/penetapan-peserta-pekan-ilmiah-mahasiswa-nasional-pimnas-ke-32-tahun-2019/